Makan Malam Sebabkan Gigi Rusak


SAN FRANCISCO - Makan malam dipercaya oleh sebagian orang menjadi salah satu penyebab kegemukan. Namun, sebuah survei terbaru menyebutkan bahwa makan malam menjadi penyebab masalah yang lain.

Sebuah penelitian yang dilakukan University of Missouri-Kansas City menyimpulkan bahwa makan malam dapat meningkatkan resiko gigi rusak atau tanggal, ketimbang saat makan pagi atau siang hari.

"Memakan makanan pada tengah malam dan tidak dilanjutkan dengan menyikat gigi atau berkumur dapat meninggalkan sisa makanan di mulut dan kemudian bercampur dengan air liur," kata peneliti Jennifer Lundgren, seperti yang dikutip Live Science, Senin (7/6/2010).

Survei yang melibatkan 2.436 orang pria dan wanita dengan usia di atas 30 tahun. Riset tersebut dilakukan sebanyak dua kali, sejak tahun 1987 hingga 1988 dan 1993 sampai 1994.

Pada tahun pertama, mereka menyebarkan kuesioner yang menanyakan respondennya apakah sering makan di malam hari? Kemudian pada tahun kedua, relawan yang sama diberi pertanyaan ada berapa gigi yang tanggal selama lima tahun terakhir.

Hasilnya, responden yang makan pada malam hari mengalami gigi tanggal rata-rata empat buah. Riset yang telah dipublikasikan di jurnal Eating Behaviors ini juga menunjukkan lebih dari dua kali dalam seminggu 1,5 persen dari jumlah penduduk Amerika sering terbangun di malam hari untuk makan.

Sumber : okezone.com

Category:

0 komentar:

Posting Komentar