Garuda Resmi Terbang ke Eropa

JAKARTA, KOMPAS.com -  Selasa (1/6/2010) malam ini, perusahaan penerbangan Garuda Indonesia resmi melakukan penerbangan berjadwal ke Eropa. Kota rute tujuan yang pertama diterbangi adalah Amsterdam, Belanda via Dubai.
Tahun depan pesawatnya akan menggunakan jenis Boeing B777-300 yang punya kapasitas lebih besar.
-- Emirsyah Satar
Penerbangan perdana dilakukan sekitar pukul 20.40 WIB dengan menggunakan pesawat Airbus A330-200 PK-GPK. Pelepasan penerbangan perdana ini dilakukan sederhana di Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta dengan dihadiri Menteri BUMN Mustafa Abubakar, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik, Ketua Komisi V, VI, VIII dan X DPR RI serta Dubes Belanda dan Dubes Uni Eropa. Beberapa tamu undangan selanjutnya ikut dalam penerbangan perdana tersebut.
Garuda sebelumnya pernah menerbangi rute tujuan Eropa. Namun karena masalah internal perusahaan dan minimnya tingkat keterisian pesawat, rute tersebut ditutup tahun 2004.
Penerbangan kembali ke Amsterdam ini akan dilakukan setiap hari satu kali penerbangan. Kapasitas tempat duduknya 36 kelas eksekutif dan 186 kelas ekonomi.
Menurut Dirut Garuda, Emirsyah Satar, kota tujuan lain yang akan segera diterbangi adalah Frankfurt, London, Paris dan Roma. "Tahun depan pesawatnya akan menggunakan jenis Boeing B777-300 yang punya kapasitas lebih besar," ujarnya.
Menbudpar Jero Wacik mengharapkan dengan terbangnya Garuda ke Eropa secara berjadwal akan memperbesar kedatangan turis Eropa ke Indonesia. Menurutnya, jumlah turis Eropa tahun 2009 sebanyak 700 ribu orang. "Tahun ini diharapkan bertambah menjadi 1 juta orang," kata Jero Wacik. (Angkasa/Gatot R)

Category:

0 komentar:

Posting Komentar