Eugene Kaspersky: Kita Hidup di Era Kejahatan Internet

Kaspersky menjadi salah satu perusahan antivirus komputer ternama dunia, merek ini menjadi salah satu produk ternama di dunia dalam hal keamanan di PC. Namun, tidak banyak orang mengetahui kalau Kaspersky sendiri diambil dari nama pemilik sekaligus CEO-nya, Eugene Kaspersky.


Dunia yang berbau eksak rupanya tidak terlalu asing bagi Eugene Kaspersky, buktinya pria kelahiran 4 Oktober 1965 sanga mencintai dunia matematika sejak kecil. Salah satu hobi selama bersekolah adalah memecahkan masalah yang diterbitkan dalam jurnal matematika.

Bahkan selama beberapa tahun terakhir di SMA, ia menghadiri kelas ekstrakurikuler di fisika dan matematika pada program khusus yang diselenggarakan olehMoscow Institute of Physics and Technology. Dan hasilnya, sangat mengejutkan, pria ini cukup menonjol dibandingkan pelajar SMA lainnya.

Kepintaran Eugene juga terlihat saat dirinya bersekolah di SMA. Dia menghabiskan dua tahun terakhir di SMA khusus fisika dan matematika, dan juga pernah mengambil program khusus bagi pelajar berbakat yang diselenggarakan oleh dan berafiliasi dengan Universitas Negeri Moskow.

Pada tahun 1987, Eugene lulus dari Institute of Cryptography, jurusan Telekomunikasi dan Ilmu Komputer, di mana ia belajar matematika, kriptografi dan teknologi komputer, serta bidang yang sangat disukainnya yaitu teknik matematika.

Setelah lulus, Eugene bekerja di sebuah lembaga penelitian multi-disiplin. Di sanalah Eugene pertama mulai mempelajari virus komputer setelah mendeteksi virus Cascade di komputer pada Oktober 1989. Eugene menganalisis virus dan mengembangkan utilitas desinfeksi untuk itu, dan menjadi utilitas pertama yang dikembangkan.

Karena ketertarikannya terhadap berbagai macam virus tersebut, membuat dia mulai mengumpulkan program berbahaya dan modul desinfeksi untuk dijadikan bahan penelitian. Data base inilah yang suatu saat kemudian membentuk dasar dari database antivirus terkenal di Kaspersky.

Cikal bakal Kaspersky sebagai perusahan antivisrus komputer dunia sendiri dimulai pada tahun 1991, Eugene bergabung denganKAMI Information Technologies Center, di mana ia dan sekelompok rekan mengembangkan proyek antivirus AVP, yang menjadi prototipe untuk Kaspersky Lab.

"Kita hidup di dunia kejahatan internet, dengan kartel yang dapat membangun kode berbahaya hanya untuk menghasilkan uang. Semua orang masih belum mengerti bahwa aksi kejahatan itu dilakukan secara diam-diam, dan masih banyak lagi kejahatan yang akan muncul," ujar Eugene.

Pengakuan Internasional nama Kaspersky hadir terjadi pada tahun 1994, ketika AVP hampir tidak dikenal memenangkan kontes uji laboratorium yang dilakukan oleh Universitas Hamburg, mereka berhasil menunjukkan tingkat deteksi virus lebih tinggi dari program antivirus yang paling populer pada saat itu.

Pada tahun 1997, Eugene dan rekan-rekannya memutuskan untuk mendirikan sebuah perusahaan independen, dan menjadi pendiri Kaspersky Lab. Sejak saat itu, ia pernah mengepalai penelitian perusahaan yang dia pimpin tersebut. Setelah 10 tahun mendirikan laboratium baru pada tahun 2007, Eugene menjadi CEO dari Kaspersky Lab.

Sebuah pernyataan Kaspersky yang paling diingat sepanjang masa adalah notifikasi yang dilontarkannya yang terkait hacker. Menurutnya, saat ini hacker bukan lagi menargetkan kerusakan komputer lagi melainkan memiliki dan mengendalikannya secara jarak jauh.

"Hacker tidak lagi ingin merusak komputer anda, mereka ingin memilikinya. Mereka mulai melakukan penyerangan ke satu bisnis tertentu, bahkan hanya satu komputer, yang akan diinfeksi," ujar Eugene memperingatkan.

Berkat konsistensinya, pada akhir 2009 Eugene Kaspersky berhasil masuk dalam daftar the Top 100 Most Influential Executives in the Industry oleh CRN Everything Chanel (USA).

"Ketika saya mendirikan Kaspersky Lab, kemitraan adalah dasar dari segala sesuatu yang kita lakukan dan itu terus berlanjut hingga saat ini. Kemitraan adalah kunci keberhasilan kami dan kami selalu berusaha untuk menyediakan alat-alat yang dibutuhkan para mitra kami untuk menjadi sukses termasuk perbaikan teknologi terus-menerus untuk memastikan pelanggan kami tetap aman secara online," ungkap Eugene.

Eugene Kaspersky menggambarkan kesuksesan Kaspersky Lab melalui 100 persen komitmen ke channel. Program kemitraan perusahaan dibuat untuk mengontrol kepemimpinan dan peluang penjualan, menyediakan pilihan-pilihan pembiayaan, dan berbagi pelatihan mendalam, perbandingan kompetitif, serta sumber daya lain untuk membantu memenangkan transaksi dan menyediakan layanan purnajual yang tidak tertandingi bagi end-user.

Sumber : okezone.com

Category:

0 komentar:

Posting Komentar