Target 6 Emas di Olimpiade Fisika


            Tiga siswa SMA Jakarta dan lima siswa sma dari kota lain akan bertarung di ajang Olimpiade Fisika Asia Ke-11 atau 11th Asian physics Olimpiad (APhO) pada 23 April-1 Mei 2010 mendatang di Taipei, Taiwan. Kontingen Indonesia ini ditargetkan meraih 6 medali emas.
            Dirjen Manajemen Pendidikam Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan Nasional, Suyanto, mengatakan pihaknya optimistis target itu tercapai. “Saingan terberat Indonesia, tuan rumah, Taiwan”.
            Tim olimpiade fisika di Taiwan itu terpilih setelah diseleksi mulai dari tingat sekolah, kabupaten, dan provinsi, sejak tahun lalu. Seleksi itu diikuti 1.700 pelajar dari seluruh Indonesia yang kemudian diselaeksi menjadi 100 peserta terbaik. Mereka kemudian diikutkan pada olimpiade fisika tingkat nasional untuk menyaring 30 peserta.
            Ke-30 pelajar yang lolos ini kemudian diberi pembinaan selama satu bulan lalu disaring lagi hingga terpilih 8 pelajar untuk mewakili Indonesia di ajang lomba fisika tingkat Asia. Para pelajar itu adalah tiga pelajar dari Jakarta yakni Evan Laksono (SMAK IPEKA Tomang), Kevin Soedyatmiko (SMAN 12), dan Podianko Surya (SMAK 1 Penabur). Sedangkan lima pelajar lainnya adalah David Giovanni (SMAK Penabur Gading Serpong, Tangsel), Ahmad Ataka Awwalur Rizqi (SMAN 3 Yogyakarta), Ali Ikhsanul Qauli dan Muhammad Sohibul Maromi (SMAN 1 Pamekasan, Jawa Timur). Serta Christian George Emor (SMA Lokon St Nikolaus Tomohon, Sulut).
            Pelajar yangmeraih medali emas akan mendapatkan penghargaan Satyalancana Wira Karya dari Presiden dan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di lembaga pendidikan yang ia pilih baik di dalam negri ataupun di luar negri. “Harvard (University) boleh, MIT (Massachusetts Institute of Technology) juga boleh,” katanya.
            APhO ke-11 mendatang akan diikuti oleh 17 tim dari berbagai Negara, yakni Australia, Hongkong, India, Indonesia, Israel, Yordania, Kazakhtan, Kirgistan, Macao, Malaysia, Mongolia, Singapura, Srilanka, Thailand, Trukmenistan, Vietnam, dan Taiwan. “Hingga saat ini, tim Cina belum konfirmasi ikut APho atau tidak,” tutur pimpinan.  
sumber : berita kota

Category:

0 komentar:

Posting Komentar