Semburan Abu Vulkanik Berkurang


 Islandia: Semburan abu vulkanik dari Gunung Eyjafjallajokull di Eslandia mulai menurun. Menurunnya semburan abu ditandai dengan cahaya merah di kaki gunung yang menunjukan mengalirnya lahar. Hal ini membuat berkurangnya es di kawah yang menurunkan intensitas semburan.
Berkurangnya aktivitas semburan abu vulkanik pada Senin (19/4), menurunkan risiko ancaman kecelakaan penerbangan yang dalam beberapa hari terakhir telah membuat penerbangan Eropa maupun lintas benua lumpuh. Kini sejumlah negara Eropa mulai membuka sebagian layanan penerbangannya.
Otoritas penerbangan Jerman memberikan jaminan maspkapai penerbangan Lufthansa untuk mengoperasikan 50 pesawatnya kembali ke Bandara Jerman. Spanyol juga membuka seluruh bandaranya dan siap mengoperasikan pesawat untuk membawa pulang warga Eropa dari Asia, Amerika Utara, dan Amerika Selatan.
Pun demikian dengan Denmark yang membuka wilayah udaranya untuk penerbangan di atas 35.500 kaki. Wilayah udara pada ketinggian di bawah angka tersebut tetap akan ditutup. Layanan penerbangan juga dilaporkan telah berlangsung normal di Eropa bagian selatan.(JUM)
Sumber : liputan6.com

Category:

0 komentar:

Posting Komentar