Salah Ketik, Penerbit Tarik Buku Resep

Salah ketik memang dapat menimbulkan masalah. Gara-gara salah ketik, penerbit asal Australia, Penguin Group, harus memusnahkan buku masak. Bayangkan saja, salah satu resepnya menganjurkan: salt and freshly ground black people ditambahkan ke satu jenis masakan.

Alhasil, Penguin Group memusnahkan dan mencetak ulang sebanyak 7.000 salinan "Pasta Bible". Ini setelah kesalahan pengetikan ditemukan pada bahan untuk pembuatan "tagliatelle" dengan ikan sardine dan "prosciutto". Demikian laporan The Sydney Morning Herald, seperti dikutip Antara, Ahad (18/4).
Tagliatelle adalah pasta klasik dari wilayah Emilia-Romagna di Italia. Tagliatelle memiliki panjang 0.65 sentimeter hingga satu cm. Makanan itu dapat disajikan dalam berbagai saus, yang klasik adalah daging kecap atau saus "Bolognese".
"Kami malu bahwa ini telah menjadi masalah, dan mengapa orang tersinggung, kami tidak tahu," kata pemimpin penerbit itu Bob Sessions.
Penguin menyatakan hampir semua dari lebih 150 resep di buku itu menyarankan penggunaan salt and freshly ground black pepper, tapi satu kesalahan cetak terjadi pada hanya satu halaman, barangkali akibat program pemeriksa ejaan komputer. "Ketika itu sampai kepada pemeriksa ejaan, tentu saja mereka mestinya telah mencabutnya, tapi pekerjaan memeriksa ejaan buku masak adalah tugas yang sangat sulit. Buat saya itu bisa dimaafkan," kata Sessions.
Ia mengatakan akan sangat sulit untuk menarik stok buku tersebut. Namun, jika ada yang mengajukan komplain mengenai "kekeliruan tak lucu" itu, orang itu akan diberikan versi yang baru.(ANS)
Sumber : liputan 6.com

Category:

0 komentar:

Posting Komentar