kiamat 2012

KIAMAT 2012 ??

Akhir-akhir ini sering kita dengar perbincangan tentang kiamat yang akan terjadi pada tahun 2012. Setiap orang yang mendengar tentang ini pasti akan di buat merinding, was-was dan juga penasaran. Karna jika benar waktu kita yang tersisa kurang lebih tiga tahun lagi. Dari mana sebenarnya berita itu?? Dan apa yang sebenarnya yang akan terjadi pada tahun 2012??

Beberapa media melansir pendapat kalangan tertentu, termasuk dari ahli cenayang (ahli ramal, nujum dan paranormal) dengan kemampuan yang mereka miliki masing-masing untuk dapat menerawang apa yang akan terjadi saat yang akan datang mengarah pada satu kejadian yang maha dahsyat yang akan terjadi bahwa segala bencana yang terjadi di belahan bumi ini termasuk bencana yang terjadi di Indonesia ini yang semakin hari intensitas terjadinya bencana semakin sering seperti gempa bumi, tanah longsor, tsunami dan lain sebagainya merupakan serangkain bencana yang turut menguatkan akan cerita segera datangnya kiamat itu.
Bahkan ada peramal lain yang dengan terang-terangan mengatakan bahwa memang telah tergambar pada tahun 2012 bumi akan diguncang peristiwa-peristiwa yang dahsyat yang akhirnya hanya menyisakan penduduk bumi sekitar 40% saja.
Hal menarik lainnya adalah tentang pemahaman suatu suku Indian kuno yaitu suku maya yang menyakini bahwa kehidupan akan berakhir pada tahun 2012. Hal ini sesuai dengan model penanggalan (almanak/kalender) mereka yang hanya tertulis sampai tahun 2012 saja. Dan mereka menyakini setelah itu tidak akan ada lagi kehidupan.
Secara teori dan ilmu alam yang diungkapkan kalangan ilmuwan menyebutkan bahwa memang pada sekitar tahun 2011-2012 akan terjadi aktivitas matahari (solar) yang sedemikian meningkat akan menyebabkan panas yang sangat tinggi. Namun hal ini merupakan salah satu gejala alam yang memang terjadi periodik yang lazim muncul setiap sebelas tahun sekali.
Namun apakah benar bahwa itu semua dapat menjadi bukti yang kuat bahwa kiamat akan segera terjadi?maka jawabannya adalah TIDAK. Karena ilmu dan pengetahuaan manusia tentang kehidupan ini hanya bagaikan sebutir nasi di tengah laut. Hal itu menggambarkan betapa sangat minimnya pengetahuan manusia tentang kehidupan ini yang sebagian besar masih menjadi rahasia Allah. Dan berdasarkan petunjuk dari kitab suci Al-Quran sudah dijelaskan bahwa tak ada seorang pun yang tahu tentang kapan peristiwa kiamat itu akan terjadi. Yang di jelaskan dalam alquran hanyalah gambaran tentang tanda-tanda kiamat dan apa yang akan tejadi pada saat kiamat nanti namun tak sedikitpun di jelaskan kapan tepatnya kiamat itu akan terjadi.
Seperti yang telah dijelaskan dalam surat Al-Haqqah apa yang terjadi pada saat kiamat nanti. "maka apabila sangkakala di tiup sekali tiup. Dan diangkatlah bumi dan gunung-gunung lalu di benturkan keduanya sekali benturan, maka pada hari itu terjadilah kiamat." (QS AL-HAQQAH AYAT 13-15).
Dan dijelaskan pula dalam ayat yang lainnya "apabila terjadi hari kiamat. terjadinya tidak dapat didustakan (disangkal). (Kejadiaan itu) merendahkan (satu golongan) dan meninggikan (golongan yang lain). apabila bumi di guncangkan sedahsyat-dahsyatnya. Dan gunung-gunung di hancurkan sehancur-hancurnya. Maka jadilah ia debu yang berterbangan." (QS AL-WAQI'AH AYAT 1-6).
Dari kutipan kedua ayat di atas dapat di buktikan bahwa dalam Al-Qur'an pun tidak ada satupun penjelasan tentang kapan tepatnya kiamat itu akan terjadi. Yang ada hanyalah gambaran-gambaran tentang apa dan bagaimana yang akan terjadi di hari kiamat nanti.
Satu hal positif yang dapat kita ambil dari isu ini adalah membuat kita merasa takut akan segera terjadinya kiamat sehingga kita yang masih banyak melakukan kesalahan, kehilafan, dosa dan masih menyimpang dari ajaran allah dapat segera sadar dan kembali ke jalan-Nya agar kita dapat memiliki bekal kelak nanti untuk menghadap sang khalik karena Satu hal yang pasti cepat atau lambat kiamat memang pasti akan segera terjadi dan semua itu telah tercatat dalam mega server lauhul mahfudz. Wallahua'alam








Sumber : Berita kota 9 oktober 2009, salam jumat oleh: H. Lukman Hakim Hasibuan
Al-Quran dan Terjemahnya. CV penerbit Diponegoro

Category:

0 komentar:

Posting Komentar